jSharing - JA Teline III

Profil Wilayah Jajaran Polres Metro Tangerang Kota

Wilayah hukum Polres Metro Tangerang berada di Kotamadya Tangerang yang masuk wilayah Propinsi Banten. Batas wilayahnya di utara dengan Kabupaten Tangerang, di timur dengan DKI Jakarta, di selatan dengan Kabupaten Tangerang, dan di barat dengan Kabupaten Tengerang. Jumlah penduduknya sebesar 1.466.577 jiwa. Sebagian besar dari penduduknya tidak bekerja alias menganggur yang jumlahnya mencapai 1.269.924 jiwa (86,23 persen). Sebagian lagi bekerja di sektor industri, kerajinan, petani, karyawan, PNS, dan TNI / Polri.

Luas areal Polres Metro Tangerang mencapai 177.297 km2, terdiri dari 13 kecamatan, 102 kelurahan, 659 RW, dan 3.250 RT. Meski di Kotamadya Tangerang terdapat 13 kecamatan tapi Jumlah polseknya hanya ada 6, yakni Tangerang Kota. Batuceper, Jatiuwung, Ciledug, Cipondoh, dan Benda. Keberadaan 6 polsek ini dibantu pula oleh 10 pos polisi.

Awalnya Polres Tengerang memiliki 23 polsek. Namun setelah terjadi pemekaran wilayah antara kabupaten dan kotamadya, Polres Tangerang pun terbagi dua. Sebanyak 17 polsek masuk menjadi wilayah hukum Polres Kabupaten, yakni Polsek Balaraja, Mauk, Serpong, Curug, Teluk Naga, Tigaraksa, Kresek, Kronjo, Rajeg, Sepatan, Pasar Kemis, Cikupa, Legok, Cisoka, Pondok Aren, dan Paku Haji.

Tingginya angka pengangguran menjadi ancaman tersendiri bagi situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Metro Tangerang, Data kriminalitas selama Januari hingga juni 2006 menunjukkan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Tangerang cukup tinggi, mencapai 335 kasus. Disusul pencurian dengan pemberatan (curat) sebanyak 133 kasus. Tak hanya kriminalitas, angka kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Metro Tangerang juga tergolong tinggi. Semester pertama 2006 ada 164 kasus kecelakaan lalulintas. Jumlah korban tewas 66 orang, luka berat 101 orang, luka ringan 103 orang, dan kerugian material Rp 510 juta.

Lokasi Polres Metro Tangerang Kota :

Adapun Profil Polsek Polsek Jajaran Polres Metro Tangerang Kota diantaranya :

Pusat Informasi Data dan Dokumentasi Polres Metro Tangerang Kota

Secara berkala

1.     RKA-KL
2.     DIPA
3.     Penetapan kinerja
4.     LAKIP
5.     Struktur Organisasi
6.     Daftar Nama Pejabat
7.     Tupoksi
8.     Visi dan Misi
9.     DSPP
10.   Nama, alamat dan nomor telepon satker
11.   Data perkembangan jumlah kejahatan:

-    Harian
-    Mingguan
-    Bulanan
-    Triwulan
-    Semester
-    Tahunan

12. Data perkembangan jumlah dan korban kecelakaan lalulintas:

-    Harian
-    Mingguan
-    Bulanan
-    Triwulan
-    Semester
-    Tahunan

-------------------------

Serta Merta

Informasi dini apabila terjadi bencana alam ( early warning system) :
- Meneruskan informasi dini dari badan meteorology klimatologi dan geofisika (BMKG) Ke satwil – satwil apabila terjadi gempa bumi.

----------------------

Setiap saat

1.      Program kerja tahunan
2.      SOP
3.      Pengadaan barang dan jasa
4.      Data jumlah kejahatan
5.      Data jumlah kecelakaan lalu lintas