You are here: Satker Kewilayahan Restro Jak Tim
jSharing - JA Teline III

Profil Wilayah Jajaran Polres Metro Jakarta Timur

Polres Jakarta Timur dibangun pada tahun 1952 di atas tanah eks Belanda, seluas 4.000 m2. Tampil sebagai Kapolres pertamanya adalah RD Isa Wiguna. Kini dalam melindungi masyarakat Jakarta Timur dari ancaman kamtibmas, Polres Jakarta Timur didukung oleh sepuluh Polsek, masing-masing Polsek Pasar Rebo, Polsek Ciracas, Polsek Cakung, Polsek Jatinegara, Polsek Matraman, Polsek Pulogadung, Polsek Duren Sawit, Polsek Makasar, Polsek Kramat Jati, dan Polsek Cipayung.

Wilayah hukum Polres Jakarta Timur tergolong rawan terhadap konflik sosial. Setidaknya ada 11 lokasi rawan konflik di daerah ini, dengan lima katagori konflik sosial. Katagori pertama konflik antar suku bangsa yang sering terjadi di wilayah Cakung, Duren Sawit, Kramat Jati, Matraman, dan Pulogadung. Konflik antar pemeluk agama sering terjadi di Cipayung, Cakung, dan Duren Sawit. Konflik antar warga sering terjadi di Matraman dan Jatinegara. Konflik antar pelajar sering terjadi di Pasar Rebo, Matraman, Jatinegara, dan Pulogadung. Konflik antara preman sering terjadi di Duren Sawit, Cakung, dan Kramat Jati.

Selain konflik sosial, wilayah hukum Polres Jakarta Timur juga rawan terhadap permasalahan kontijensi karena bencana alam, terutama banjir. Ada tujuh daerah rawan banjir di Jakarta Timur, yakni Kramat Jati, Cawang, Kampung Melayu, Bidara Cina, Cipinang Muara, Cipinang Melayu, dan Kebon Pala. Banjir yang terjadi di Jakarta Timur umumnya diakibatkan besarnya curah hujan dan akibat banjir kiriman dari wilayah Bogor. Bencana banjir ini dapat terjadi dengan tiba-tiba dan menimbulkan korban yang kadang diluar dugaan.

Lokasi Polres Metro Jakarta Timur

Adapun Polsek Polsek Jajaran Polres Jakarta Timur diantaranya :

Pusat Informasi Data dan Dokumentasi Bid Dok Kes Polda Metro Jaya

Secara berkala

1.     RKA-KL
2.     DIPA
3.     Penetapan kinerja
4.     LAKIP
5.     Struktur Organisasi
6.     Daftar Nama Pejabat
7.     Tupoksi
8.     Visi dan Misi
9.     DSPP
10.   Nama, alamat dan nomor telepon satker
11.   Data perkembangan jumlah kejahatan:

-    Harian
-    Mingguan
-    Bulanan
-    Triwulan
-    Semester
-    Tahunan

12. Data perkembangan jumlah dan korban kecelakaan lalulintas:

-    Harian
-    Mingguan
-    Bulanan
-    Triwulan
-    Semester
-    Tahunan

-------------------------

Serta Merta

Informasi dini apabila terjadi bencana alam ( early warning system) :
- Meneruskan informasi dini dari badan meteorology klimatologi dan geofisika (BMKG) Ke satwil – satwil apabila terjadi gempa bumi.

----------------------

Setiap saat

1.      Program kerja tahunan
2.      SOP
3.      Pengadaan barang dan jasa
4.      Data jumlah kejahatan
5.      Data jumlah kecelakaan lalu lintas