You are here: Satker Kewilayahan Restro Jak Sel Restro Jakarta Selatan
jSharing - JA Teline III

Profil Wilayah Jajaran Polres Metro Jakarta Selatan

Luas wilayah hukum Polres Jakarta Selatan mencapai 145,73 km2, dengan jumlah penduduk 2.054.950. Di wilayah ini terdapat 12 kecamatan, 86 kelurahan, 849 RW, dan 7527 RT. Pembangunan Polres Jakarta Selatan dirintis sejak tahun 1956 dari sebuah gedung kecil di Jl Bintara No 35. Saat itu statusnya pun masih pos polisi. Tahun 1960 aktivitas kepolisiannya dipindahkan ke Jl Wijaya No 42 dan diberi nama Polisi Seksi VIII, yang menjabat komandannya adalah AKBP Kodrat Samadikun.

Kini, dalam melindungi wilayah hukumnya dari berbagai ancaman kamtibmas, Polres Jakarta Selatan didukung oleh 12 polsek, yang terdiri dari Polsek Kebayoran Lama, Pasanggrahan, Mampang, Cilandak, Ciputat, Pamulang, Jagakarsa, Pasar Minggu, Pancoran, Kebayoran Baru, Tebet, dan Setia Budi. Kekuatan ini masih ditambah lagi dengan keberadaan 38 pospol.

Wilayah hukum Polres Jakarta Selatan memiliki karateristik tersendiri sebagai wilayah pusat pemerintahan dan kegiatan masyarakat, baik yang bersifat nasional, regional maupun internasional, yang sarat dengan berbagai objek vital, termasuk VVIP. Jumlah objek vital di wilayah hukum Polres Jakarta mencapai 331 lokasi. terdiri dari 53 kedutaan besar, 92 rumah duta besar, 24 kantor parpol, 77 sentra ekonomi, 70 hotel, dan lainnya. Tak heran jika di wilayah ini cukup banyak bermukim orang asing. Warga Jepang misalnya mencapai 2.503 orang, Korea 1.337. Inggris 1.267, AS 962, Australia 733, Cina 563, dan India 477 orang. Situasi ini tentunya menyimpan berbagai potensi kerawanan yang tinggi.

Dari 2 kecamatan di Jakarta Selatan, kawasan Kebayoran Lama merupakan tergolong rawan. Tahun 2005 ada 642 kasus, yang antara lain adalah perampokan nasabah bank dan kasus uang palsu. Urutan kedua berada di Kebayoran Baru sebanyak 562 kasus, yang antara lain peledakan bom dan perampokan nasabah bank. Urutan ketiga Jagakarsa ada 512 kasus. Pasar Minggu sebanyak 397 kasus yang antara lain pembunuhan dan Tebet 352 kasus yang antara lain perampokan nasabah bank.

Lokasi Polres Metro Jakarta Selatan

Polres Metro Jakarta Selatan ditopang oleh Polsek Polsek diantaranya :

Pusat Informasi Data dan Dokumentasi Bid Dok Kes Polda Metro Jaya

Secara berkala

1.     RKA-KL
2.     DIPA
3.     Penetapan kinerja
4.     LAKIP
5.     Struktur Organisasi
6.     Daftar Nama Pejabat
7.     Tupoksi
8.     Visi dan Misi
9.     DSPP
10.   Nama, alamat dan nomor telepon satker
11.   Data perkembangan jumlah kejahatan:

-    Harian
-    Mingguan
-    Bulanan
-    Triwulan
-    Semester
-    Tahunan

12. Data perkembangan jumlah dan korban kecelakaan lalulintas:

-    Harian
-    Mingguan
-    Bulanan
-    Triwulan
-    Semester
-    Tahunan

-------------------------

Serta Merta

Informasi dini apabila terjadi bencana alam ( early warning system) :
- Meneruskan informasi dini dari badan meteorology klimatologi dan geofisika (BMKG) Ke satwil – satwil apabila terjadi gempa bumi.

----------------------

Setiap saat

1.      Program kerja tahunan
2.      SOP
3.      Pengadaan barang dan jasa
4.      Data jumlah kejahatan
5.      Data jumlah kecelakaan lalu lintas